Home » Uncategorized » Sadarlah SBY..
Oct
17

Sadarlah SBY..

Notonogro.com

Jika bisa diganti dan ada gantinya maka sebaiknya SBY diganti sekarang juga. Kenapa?..karena capek kita melihat drama-drama dari orang yang lemah dalam kepemimpinan. Sepintar apapun seseorang tetapi jika tidak memiliki kekuatan leadership maka sebaiknya orang tersebut jangan jadi pemimpin. Adalah tepat dan sangat mumpuni sekali pada saat SBY berpasangan dengan JK. Itu adalah pilihan alam. Itu adalah piihan terbaik sesuai dengan permasalah yang ada pada bangsa ini. Tetapi sangat disayangkan pasangan ini pecah hanya karena maruk dengan kekuasaan. Mereka sepertinya tidak sadar dan tidak mengerti kenapa mereka terpilih oleh alam. Alam dilawan akhirnya yang tersisa adalah mesinnya tetapi tidak ada bahan bakarnya. Alam akhirnya memilih bahan bakar alternatif yang sebenarnya berkarakter mesin juga. hasilnya adalah pergerakan yang tidak sempurna. Keduanya adalah tipikal pemikir dan lemah dalam implementasi.

Adalah takdir dari orang pintar untuk terus berpikir dan berpikir. Jika manusia pintar ini memlikik kemampuan mumpuni dalam implementasi maka semua pikiran dan strategi akan berjalan dengan baik. Tetapi jika hanya pintar saja maka semua akan sebatas wacana. Memang benar seharusnya bahan bakar atau implementator nya adalah para mentri. Tetapi kan juga kita tahu kualitas sebagian dari mentri yang ada. Makanya ada wacana untuk reshufle.   Tepat sekali reshufle ini selama bertujuan untuk mendapatkan bahan bakar untuk mesin yang ada. Tetapi jika tidak juga ketemu bahan bakar tersebut pada otak para mentri maka hasil reshufle adalah nol. Apalagi jika reshufle yang akan dilakukan adalah reshufle dagang sapi, bisa makin parah hasilnya.

Karena sadar hasil dari kebinet tidak baik dan perlu ditingkatkan maka orang pinter terus berpikir apa yang harus dilakukan agar kinerja menjadi lebih baik. Berpikir dan bepikir tanpa kesadaran bahwa dia butuh bahan bakar untuk menggerakan mesin kabinet. Akhirnya yang terjadi adalah dimasukanlah orang atau jabatan baru yang dia pikir akan mendongkrak kinerja kabinet disetiap kementrian. Ini adalah ciri khas orang pintar tetapi lemah dalam kepemimpinan.  Selalu membentuk unit atau jabatan baru untuk menutup hasil kerja yang kurang baik dari unit atau pejabat tersebut. Ada duplikasi yang tidak diakui sebagai duplikasi oleh dia. Organisasi akan semakin besar. Biaya akan semakin tinggi. Hasil akan tetap  jalan ditempat.  Istilah lainnya adalah Tambal sulam…tanpa pernah masuk ke akar masalah..

Kebutuhan unit atau jabatan baru adalah bukan mutlak kebutuhan pejabat yang ada. Misalnya Menkeu tidak pernah mengeluh tentang terlalu banyak kerjaan sehingga tidak tertangani. Menkeu tahu persih jika banyak kerjaan maka dia akan membentuk dan mengangkat orang internal untuk melaksanakan tugas tersebut. Itulah sikap profesional. Lalu bagaimana ceritanya SBY bisa menunjuk wakil menkeu dan wakil mentri lainnya? Atas dasar apa? Bagaimana pembagian tugasnya? Apa statusnya didepan DPR? Apakah mentrinya diajak bicara tentang wakil mentri ini?…..

Akhirnya SBY menjadi presiden yang paling boros dalam pemerintahan. Tanpa disadari oleh dia bahwa dia selain terjebak dan tersandera dalam koalisi juga terjebak dengan pola pikirnya sendiri. Oleh karena itu sebaiknya sadarlah SBY bahwa anda butuh bahan bakar seperti pak JK dahulu. Anda pintar tetapi lemah. Anda mungkin terlalu banyak omong tetapi mudah tersinggung. Anda terlalu menjunjung tinggi etika tetapi lemah dalam keputusan.  Jangan-jangan pak SBY terlalu perasaan tetapi mudah marah.

 tetapi Sadarlah pak SBY…bukan dengan dagang sapi dan bukan dengan menambah wakil mentri dan bukan dengan membentuk unit kerja lain lagi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan anda. Ingalah SBY anda bukanlah presiden pilihan utama dari rencana awal alam semesta ini…

ganti mentri yang tidak becus dan ambil dari kalangan profesional. Rampingkan organisasi pemerintahan. Cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Tegas dan lakukan semua demi rakyat..jangan takut dengan koalisi. Jangan tajut dengan DPR. Selama anda berjuang untuk rakyat maka rakyat ada dan mendukung anda hay SBY….

, , , , , , , , ,

Comments are closed.