Home » SPORT » Euforia sepakbola
Dec
18

Euforia sepakbola

Notonogoro.com

Sungguh banyak euforia yang terjadi di Indonesia ini, baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya dan lain-lain. Sekarang ini yang sedang naik daun adalah euforia sepakbola Indonesia. Setiap hari segenap dari kita ngobrol tentang prestasi sepakbola Indonesia dalam ajang AFF ini. Bahkan tidak ada hari tanpa berita sepakbola Indonesia pada hampir seluruh media berita, baik media cetak maupun elektronik. Euforia sepakbola ini bahkan mengalahkan euforia DIY yang berisi perseteruan antarasegenap masyarakat Jogja dengan pemerintah pusat.

wajar saja jika kita sangat terperangah dengan prestasi sepakbola kita dalam ajang AFF ini. Mana mungkin sampai dengan saat ini kita bisa tidak terkalahkan, padahal sebelumnya seolah-olah kekalahan adalah menjadi target PSSI. jangankan menang mencetak gol saja susah betul.

Tetapi apa yang terjadi sekarang ini sungguh luar biasa, urusan mencetak gol menjadi suatu yang sangat mudah. Tidak ada pertandingan tanpa mencetak gol. Kepercayaan diri yang selama ini hilang dibawa angin tiba-tiba muncul dan menetap dalam dada pemain dan dengan kepercayaan diri yang demikian tinggi telah membuka dan menebarkan kreatiftas bermain.

Namun hati-hati. Indonesia adalah Indonesia. Satu bangsa yang mudah marah tetapi mudah memaafkan. satu masyarakat yang mudah memuji tapi gampang caci maki. sekelompok orang yang mudah memberikan harapan tapi mudah kehilangan semangat. satu masyarakat yang mudah siap perang tetapi mudah kalah dalam pertempuran. Satu bangsa yang mudah memberikan bantuan apapun tetapi mudah untuk tidak peduli.

Kemenangan yang berkali-kali diperoleh akan distempel sebagai satu keharusan. Kekalahan menjadi haram. Menang akan dipuji kalah akan dicaci maki. Menang mendapat surga dan kalah masuk neraka. Seram benar kalau hal ini benar-benar terjadi dan dunia akan terasa kiamat.

Untuk segenap masyarakat harus benar-benar siap menerima kenyataan dan berpikir realistis. Secara teori setiap pemain pasti mempunyai masa peak timenya, masa penampilan terbaik dan sekaligus memiliki masa penurunan kinerja, masa capek dan masa jenuh. Masyarakat harus realistis bahwa hal ini akan menimpa sebagian pemain kita, bahkan sudah ada yang cidera dan tidak siap diturunkan dalam pertandingan berikutnya. Apakah kita akan kalah?.. tentu tidak..yang penting adalah kita harus siap menerima kekalahan, hal ini lebih kepada cara berpikir ketimbang tindakan. Kita semua tentu selalu berdoa semoga apapun yang terjadi dengan kondisi para pemain, kita akan tetap menang dan meraih gelar juara untuk pertama kalinya.

Tetapi tolong diingat, kondisi prestasi saat ini sudah cukup bisa dijadikan sebagai momentum kebangkitan persepak bolaan Indonesia, apalagi jika benar-benar sampai meraih gelar juara. Maksud saya adalah janganlah momentum baik ini menjadi hilang hanya karena kita kalah dan tidak juara, tetapi pakailah momentum kebangkitan ini untuk terus memajukan persepak bolaan di Indonesia. Jangan sirna hanya karena kalah.

Salah satu alasan saya membuat tajuk ini adalah seperti apa yang saya tulis diatas, Indonesia adalah Indonesia dengan keanehannya. wong segenap kita sedang sibuk merayakan dan berbangga ria dengan prestasi yang ada, eh ada satu orang yang tiba-tiba membuat gugatan kepengadilan ¬†atas pemakaian lambang Garuda di dada pemain. Apa nggak ada cara lain yang kebih cerdas, tulis kek surat pembaca, buat email kek ke media yang ada, pake facebook kek untuk submit pemikirannya atau cara cerdas lainnya tanpa membuat sensasi aneh ditengah-tengah euforia kemenangan. Aneh kan?????!!!!…

Bagaimana jika kita benar-benar gagal apa gak rame nih?!…apa tidak tiba-tiba ada yang menyalahkan pelatih, atau pemain atau cara naturalisme yang dipakai sekarang ini. Itu sih sebenarnya tidak seberapa dibandingkan dengan suasana diluar lapangan setelah kekalahan itu terjadi, apa pada gam ngamuk dan merusak tuh suporter…ooo takuuutt…Kan kita sudah bisa nebak itu semua. Gak kebagian karcis saja ngamuk apalagi kalah…Aneh kan?????!!!!…Wong besok pertandingan dilakukan kok karcis belum dijual… Aneh kan?????!!!…

Tapi kalau kita juara AFF maka wuaalllaaaaaahhhhh.. hadiah besar akan mengalir deras dari masyarakat dan pemerintah. Pemain akan mendadak dapat harta cukup besar dan akan dinilai sebagai pahlawan. Mudah-mudahan ini benar-benar terjadi.

Tetapi apapun hasilnya tetap ada sekelompok orang yang sudah siap-siap mengambil langkah lain untuk organisasi persepak bolaan Indonesia. Kan kita tahu ada perseteruan yang sedang terjadi sekarang ini. Jika Indonesia juara maka pengurus sekarang akan diatas angin dan lawannya akan cari cara lain untuk mengalahkannya, tapi jika gagal maka pengurus sekarang akan gulung tikar dan akan timbul pengurus baru…Aneh Kan????!!!!…

Tetapi yang penting adalah mari kita nikmati dengan cara positip suasana ini, jangan berpikir pendek yang akan menghancurkan kita semua. Sukses sepak bola Indonesia, sukses untuk kita semua.

Comments are closed.