Home » SOSIAL » Sedia payung sebelum banjir dan longsor
Dec
16

Notonogoro.com

Hampir disebagian besar  daerah di negara ini sedang mengalami kekeringan akibat musim panas tahun ini. Bukan hanya daerah tadah hujan tetapi juga daerah yang memiliki sumber air yang cukup. Munis panas yang sebenarnya tidak terlalu panjang ini telah membuat kering atau setidaknya menyusut persediaan air yang ada. Ini tentunya disebabkan oleh tidak terjaganya wilayah sekitar mata air tersebut. Seharusnya ada aturan bahwa pada jarak 5 km dari sumber mata air tidak boleh ada bangunan permanen. Daerah tersebut harus penuh dengan pepohonan alami untuk menahan air yang ada. Hal ini wajar diberlakukan pada negara maju.

Jelas berbeda dengan negara kita. Justru daerah mata air adalah daerah yang bagus untuk dibangun perumahan tempat tinggal. Mereka hanya ingin enak sesaat saja dan kemudian susah setelah mata air tersebut rusak. Kondisi semacan inilah yang membuat cepat hilangnya air tanah pada banyak wilayah dinegara ini. Pohon atau hutan telah gundul dan tidak ada lagi kekuatan alam yang menahan air tanah tersebut. Kekeringan adalag hanya menunggu waktu saja.

Kejadian sebaliknya juga akan segera datang menyusul membuat susah segenap dari kita. Yaitu banjir dan longsor. Masalah tepatnya bencana ini juga sudah menjadi demikian rutinnya. Hampir bisa dikatakan daerah di Pulau Jawa adalah daerah yang tidak mungkin tidak ada banjir dan longsor. Sepertinya hanya daerah timur yang masih memiliki lingkungan hidup yang bagus yang masih terhindar dari bencana ini.

Air yang akan datang pada musim hujan juga tidak ada yang menahannya dan maruk bertahan dalam tanah. Akar-akar pohon telah hilang dan kekuatan alam juga hilang untuk menahan air ini. Air demikian mudahnya mengalir mengikuti irama yang dikehendakinya. Baik di perkotaan maupun di pedesaan. Air kelak akan beru bah menjadi kekuatan untuk merusak rumah dan apapun yang dilaluinya. Bukan hanya air hujan yang mengalir deras dan kuat, tetapi juga yang jauh lebih bahaya adalah air bah yang terjadi pada sungai-sungai yang hari ini kering kerontang. Sungai kering akan berubah menjadi bencana banjir yang dahsyat.

Kota akan kebanjiran, desa akan kebanjiran, yang lebih celaka lagi adalah longsor yang akan terjadi pada daerah bukit atau tebing tanpa penahan akar pohon. Tanah polos dan miring akan sangat mudah menjadi retak dan longsor pada saat menerima air dalam jumlah yang besar. Kembali alam akan menunjukan  kekuatannya. Melabrak apapun yang menghalangi jalannya.

Sesungguhnya Tuhan telah menciptakan kekuatan alam yang sungguh sangat seimbang satu dengan yang lainnya. Air tertahan dalam tanah karena akar pohon yang menguatkan tanah. Pada saat kekuatan positip alam ini besatu maka alam sangat bersahabat dengan manusia sepanjang tahun.tetapi ketika alam berdiri sendiri maka masing-masing akan menunjukan kekuatan yang dahsyat dalam merusak apapun. Air dan tanah menjadi yang sangat menakutkan dan mematikan pada saat banjir bah dan longsong.

Ini akan benar-benar terjadi dalam waktu dekat. Tetapi apa yang telah dilakukan oleh kita semua khususnya pemerintah. Semua berjalan seperti biasa dari tahun ke tahun. Di perkotaan paling top mereka hanya membersihkan selokan seadanya semaunya. Tidak bersih dan bebas dari hambatan sebagai manas seharusnya. Hanya sekedar sibuk berbasis proyek KKN saja. Hujan datang tetap saja akan banjir. Banjir datang tetap saja akan merusak. Kerusakan dan bencana datang tetap saja dianggap wajar dan biasa berapapun nyawa yang melayang.

Sedangkan untuk mennghadapi longsor sepertinya tidak ada yang dilakukan. Tidak ada persiapan atau pekerjaan apapun khusus untuk mencegah terjadinya longsor. Semua dibiarkan saja. Longsor ya longsor. Mati ya mati aja lo. Tidak pernah ada penyesalan atas semua bencana yang terjadi. Semua sudah menjadi biasa. Banjir dan longsor sudah menjadi bagian dari hidup bangsa ini.

Jadi sangat disayangkan dinegara ini tidak ada sedia payung sebelum banjir dan longsor datang. Andaikan ada maka hanya ala kadarnya sebagai kegiatan rutin akhir tahun saja….jadi kita tunggu saja bencana ini dan semoga kita selamat dari bencana yang akan datang ini….kering berobah menjadi banjir dan longsor..

, , , , , , , , , ,

Comments are closed.