May
26

Notonogoro.com

Tentu saja segenap kita mengenal sebutan semangat-45. Ini adalah sebutan atau jargon yang menggambarkan semangat pantang menyerah. Semangat maju terus pantang mundur. Semangat bekerja keras untuk mencapai target yang ada. Kata 45 nya diambil dari perjalanan sejarah bangsa ini mulai dari jaman penjajahan sampai dengan merdeka di  tahun 1945. Makanya ujungnya yang dipakai yaitu 45 yang mengandung arti berjuang terus pantang mundur dengan memakai peralatan apa adanya untuk mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan. Jadi semangat-45 adalah semangat juang bangsa ini yang sering dipakai menjadi jargon semangat juang kelompok atau individu. Siapapun pasti mengerti arti dan makna jika ada yang memakai jargon semangat-45 ini untuk satu kejadian tertentu.

Pertanyaannya adalah apakah cukup dengan hanya mengandalkan semangat saja walaupun itu adalah semangat-45? Pasti ada yang cukup dan pasti ada yang bilang tidak cukup. Namun yang pasti kata semangat adalah kata yang berhubungan dengan gerakan phisik. Pada sisi lain kita juga tahu bahwa gerakan phisik sangat ditentukan oleh pikiran kita. Phisik bergerak karena perintah pikiran. Pikiran bilang diam maka phisik akan diam. Bagaimana jika pikiran kita kacau? maka gerakan kitapun akan kacau. Apa yang dibutuhkan agar pikiran kita sehat? yang dibutuhkan adalah gerakan atau energi mental. Mental ada didalam perasaan kita. Mental sangat menentukan apa yang kita rasakan. Apa yang kita rasakan akan mempengaruhi pikiran kita. Pikiran akan mempengaruhi semangat dan gerakan tubuh kita.

Coba bayangkan sebentar saja. Apakah para pejuang-45 hanya bermodalkan semangat saja atau juga bermodalkan kekuatan energi  mental?  Yes benar.. pejuang-45 juga bermodalkan mental-45  selain semangat-45. Pejuang-45 memiliki perasaan luar biasa atas cinta tanah air, perasaan tidak takut mati, perasaan kepercayaan diri yang luar biasa, perasaan keyakinan pasti menang. Semua energi perasaan hebat ini telah berhasil membuat para pejuang berjuang sampai titik darah penghabisan melalui penciptaan Pikiran pejuang yang benar-benar positif dan mantab. Hasil dari kolaborasi mental-45 dengan semangat-45 adalah kemerdekaan Indonesia. Ini adalah bukti tak terbatahkan… lalu kenapa kita hanya memakai semangat-45 saja? kemana mental-45 nya?…

Coba perhatikan para atlit bulutangkis di arena Uber dan Thomas cup 2018. Mereka tidak kalah secara teknis dengan lawannya. Mereka juga mempunyai semangat luar biasa. Lalu kenapa akhirnya kalah? …. Sangat diyakini sebagian dari mereka belum memiliki mental-45 didalam dadanya walaupun sebagiannya lagi sudah memilikinya. Sehingga semua kemampuan teknis dan semangat yang ada bisa mendadak sirna diatas lapangan pada saat melihat banyaknya penonton, pada saat melihat muka lawannya, pada saat diserang lawan, pada saat angka tertinggal oleh lawan dan pada saat angka ada diujung akhir set. Pada saat mental jeblok maka muncul perasaan was-was dan rasa takut. Pada saat rasa takut muncul maka semuanya menjadi tidak bisa di kontrol lagi. Ujungnya adalah bingung dan lemas. energi takut adalah energi yang membuang kepercayaan diri, yang mengecilkan dan merendahkan diri. Pada saat mental down maka sekuat apapun phisik tetap tidak akan bisa optimal karena energi telah banyak menghilang. Hal ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja serta siapapun kita….

jadi sebaiknya kita mulai mengenalkan jargon mental-45 selain semangat-45 jika kita ingin bangkit dan maju terus pantang mundur sampai dengan target dan cita-cita tercapai. Kita memiliki banyak ahli yang bisa menciptakan latihan mental menuju mental-45. Kita memiliki banyak event yang bisa dipakai sebagai implementasi mebntal-45…  Dengan mental-45 kita akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kita tidak akan rendah diri menghadapi orang asing. Kita berani berdebat dan berkata “Tidak” kepada bangsa lain. Kita bisa menjual segala kemampun, potensi dan kehebatan kita. Kita tidak akan pernah mau dibodohi dan diatur-atur lagi seperti anak kecil yang dikasih permen…

Perasaan adalah sumber energi terkuat yang ada dalam diri kita….

Perasaan bahagia dan perasaan cinta akan menciptakan energi mental super…..

Dengan MENTAL-45 dan SEMANGAT-45 bangsa Indonesia akan bangkit dan jaya….

, , , , , , , , , , ,

Comments are closed.

« « Mudik Jadwal numpuk » »