Home » EMBUN PENYEJUK IMAN, SOSIAL » Jadwal numpuk
May
22

Notonogoro.com

Sebagai negara maka Indonesia akan menghadapi dan melakoni banyak agenda  yang sangat besar dan sangat penting. Agenda ini berjalan secara serial dari tahun 2017-2019. Bukanlah hal yang mudah untuk melaksanakan semua agenda tersebut. Sangat dibutuhkan kepemimpinan yang kuat dan didukung oleh segenap pihak termasuk tentunya segenap rakyat Indonesia. Satu agenda saja meleset atau bermasalah, apapun penyebabnya, maka dampaknya bagi negara ini sangatlah besar. jadi semua pihak terkait tidak boleh menganggap sepele semua agenda ini. Semua pihak harus serius dan fokus atas tugas dan tanggung jawabnya terkait masing-masing agenda besar tersebut. Ini adalah tugas berat dan bisa juga dikatakan cobaan bagi bangsa dan negara ini. Apakah memang bisa melaksanakan semua agenda atau belum bisa dan masih harus berbenah lagi. Logikanya, jika semua agenda ini sudah dinyatakan sebagai agenda negara maka tentunya pemerintah sudah siap melaksanakannya dan sudah memiliki strategi dan tim untuk melaksanakan masing-masing agenda besar tersebut.

Sebenarnya agenda besar ini sudah dimulai dari tahun 2017 yaitu pilkada serentak 2017. Kita semua tentu masih ingat dimana salah satu bagian dari pilkada serentak 2017 ini adalah pilkada Jakarta. Pilkada jakarta ini sangat seru karena ada satu kejadian yang melibatkan segenap umat Islam baik langsung maupun tidak langsung. Alhamdulillah akhirnya pilkada Jakarta khususnya dan pilkada serentak 2017 berjalan dan selesai dengan baik. tentunya apa yang terjadi di agenda pilkada 2017 ini menjadi pengalaman bagi semua pihak untuk agenda besar lainnya.

Agenda kedua adalah pilkada serentak 2018 yang jauh lebih besar dari pilkada serentak 2017. prosesnya sudah dan sedang berjalan dengan akhir tahapan ada pada bulan Juni-Juli 2018. Sekarang ini terasa suasana pilkada serentak 2018 ini adem ayem saja. Tidak ada satu kejadian yang membuat pilkada serentak 2018 ini menjadi booming dan menyedot perhatian masyarakat. Bahkan bisa dikatakan pilkada serentak 2018 ini sepi-sepi saja. Sangat terasa antusias masyarakat yang rendah. Mungkin disebabkan oleh tidak bolehnya kampanye atau pawai keliling. jadi sepi-sepi saja rasanya. Semoga sepinya pilkada serentak 2018 ini sebagai tanda bahwa pilkada akan sukses dilaksanakan dan selesai dengan aman dan damai. Tidak ada satu kejadianpun yang bisa menyebabkan ledakan emosi ditengah masyarakat.

Setelah pilkada serentak 2018 ini maka agenda besar selanjutnya adalah Asian games 2018 di Jakarta dan palembang pada Augustus-September 2018. Ini adalah event internasional besar yang mempertaruhkan nama baik bangsa dan negara ini. Jika agenda ini sukses dengan berjalan aman dan damai plus antusias masyarakat yang menyaksikannya, maka nama Indonesia akan melambung tinggi di dunia internasional karena sangat tidak mudah merencanakan dan melaksanakan event olahraga besar se Asia ini. Namun jika agenda atau event Asian Games ini bermasalah, apapun penyebabnya, maka nama Indonesia akan jatuh terpuruk sangat dalam. Jika Pilkada serentak 2018 menimbulkan masalah besar ditengah masyarakat yang dapat mengganggu persiapan Asian games 2018, maka akan sulit bagi Indonesia untuk melakukan perubahan jadwalnya karena menyangkut kesiapan atlit banyak negara yang sudan mengatur peak performancenya setepat dan sebaik mungkin. Perubahan jadwal akan lebih menyakitkan ketimbang adanya masalah ditengah perhelatan Asian Games. Masalah dalam operasionalnya adalah hal biasa dan pasti mudah di selesaikan.

selanjutnya adalah pertemuan IMF dan bank Dunia di Bali pada Oktober 2018 nanti. Ini juga agenda internasional sangat besar dan sangat mempertaruhkan nama baik Indonesia juga. Bisa saja pertemuan ini terganggu akibat kejadian atau masalah besar di agenda pilkada serentak 2018 dan Asian Games 2018. Dampaknya mungkin lebih kepada ekonomi dalam negeri. Bisa saja nilai dolar semakin perkasa yang memukul ekonomi domestik. Siapapun tentunya tidak berharap terjadi lagi Krismon sebagaimana terjadi sebelumnya di negara ini. Sukses agenda ini maka sangat bauik bagi ekonomi Indonesia tentunya.

Terakhir adalah agenda pileg dan pilpres 2019. Agenda ini dimulai dari Agustus 2017 sampai Oktober 2019. jelas Pileg dan Pilpres 2019 ini sangat terkait dengan hasil akhir pilkada serentak 2018. Sukses Pilkada maka lumayan aman pileg dan pilpres 2019. Jika pilkada serentak 2018 bermasalah maka besar kemungkian pileg dan pilpres 2019 bisa seru dan sangat panas. Sekarang saja sudah terasa panasnya Pilpres 2019 ini dengan munculnya berbagai hal ditengah masyarakat. Ganti presiden, presiden dua periode, butuh supir yang bisa mengendarai ferari dan sebagainya. Semoga ini semua hanyalah kejutan sesaat semata.

Dari semua agenda tersebut diatas, jelas sekali bahwa keberhasilan pilkada serentak 2018 mempunyai peran sangat penting. Dengan kata lain, jika di pilkada serentak 2018 ini timbul masalah besar ditengah masyarakat yang menyebabkan gesekan antar kelompok maka dampaknya bisa ke agenda besar lainnya. Jadi seharusnya semua pihak harus focus untuk menjadikan pilkada serentak 2018 ini sebagai pilkada yang sukses, aman dan damai.  Semua pihak harus bisa menahan diri untuk tidak membuat gara-gara, tidak menciptakan dan tidak menyebarkan kebencian agar pilkada serentak 2018 ini berjalan sesuai dengan seharusnya.

Apalagi sekarang ini posisi rupiah sudah semakin terpuruk. Posisi ini tentu membuat ekonomi bisa bermasalah jika tidak cepat ditangani. Ditambah lagi adanya serangan teroris kemarin ini yang bisa membuat negara-negara Asia bertanya-tanya mengenai keamanan negara ini jika aksi-aksi teroris masih saja terjadi. Wajar jika  mereka tentu khawatir mengirim atlitnya ke Indonesia dalam rangka Asian Games 2018.

Pilkada serentak 2018, aksi teror dan nilai rupiah harus benar-benar di perhatikan dan jika ada masalah maka diselesaikan secepat dan sebaik mungkin…

apalagi jika sampai gunung Merapi meletus maka akan bisa membuat pikiran-pikiran lain muncul  di segenap masyarakat Indonesia yang percaya dengan nilai-nilai luhur tradisional Indonesia.  Maklum kepercayaan seperti itu adalah bagian dari masyarakat Indonesia.

Sungguh sengat berat semua agenda besar ini. Beruntun satu persatu dan terkait satu dengan yang lainnya….

Jagalah hati…

Jagalah pikiran…

Kendalikan hawa nafsu…

Semoga semua berjalan dengan baik dan selesai dengan baik juga…..

Biarkan alam Indonesia bekerja…

Syukuri apa yang ada..

Syukuri apa yang terjadi…

dengan bersyukur maka Indonesia akan maju…

, , , , , , , , , ,

Comments are closed.