Home » BUDAYA, EMBUN PENYEJUK IMAN, SOSIAL » Gema NKRI dan Pancasila
Aug
21

Notonogoro.com

Sering disajikan di tajuk Notonogoro.com ini bahwa Indonesia masih dalam status berbenah atau tepatnya adalah Indonesia masih dalam proses penyaringan menuju Indonesia sejati. Dalam proses penyaringan ini akan banyak muncul berbagai hal yang seru dan tidak ada habisnya. Seru disini adalah tergantung kita melihatnya. Bisa kejadian seru yang memang seru, bisa kejadian sedih yang memang menyedihkan, bisa kejadian malu yang memang memalukan, bisa kejadian semangat yang memang menyemangati, bisa kejadian lucu yang memang sangat lucu, pokoknya aneka kejadian yang penuh dengan kegaduhan akan muncul silih berganti. Wajar saja semua itu terjadi namanya juga penyaringan oleh alam. Baik akan terlihat baik, buruk akan terlihat buruk, munafik akan terlihat munafik, kotor akan terlihat kotor dan bersih akan terlihat bersih. Alam selalu menyajikan apa adanya. Tidak ada yang bisa melawan alam. Sehebat apapun dan siapapun dia kalau alam sudah ambil keputusan maka jadilah keputusan alam tersebut. Sudah banyak sekali bukti akan hal ini dan yang paling akhir adalah kejadian di Jakarta yang sangat mendunia tersebut. Alam akan selalu menang…

Sekarang ini kita sedang ramai dengan gema NKRI dan Pancasila. Segenap golongan menggemakan NKRI adalah harga mati. Pancasila tidak akan tergantikan. Siapa melawan NKRI akan disapu habis. Siapa menolak Pancasila akan disirnakan. Pokoknya tidak ada satupun di negara ini yang berani menyatakan sebaliknya. Tidak ada yang berani bilang buat negara baru. Tidak ada yang berani bilang ganti ideologi negara. Pokoknya tidak akan pernah ada yang berani melawan arus. Demikian halnya jika ada yang tidak suka dengan NKRI dan Pancasila, misalnya komunis, tetap saja¬† mereka bersembunyi. Lah..bukannya ada issu sekarang ini komunis sudah muncul berganti baju? wah kalau yang itu sih siapa yang tahu… selama tidak ada info dari pemerintah maka artinya hal itu tidak ada.

Dari gema NKRI dan Pancasila ini, ada sesuatu yang menarik, yaitu semuanya sama menyatakan hal yang sama, harga mati untuk NKRI dan Pancasila, tetapi ada yang merasa difitnah sebagai kelompok yang anti Pancasila. Ini kan seru ya… Sama-sama teriak Pancasila harga mati tetapi yang satu teriak juga ada kelompok yang membenci Pancasila. kelompok yang merasa jadi sasaran serangan tersebut lalu teriak juga Pancasila harga mati dan hancurkan semua yang munafik dan memfitnah dengan berpura-pura dukung Pancasila. Di sosmed sudah banyak video yang saling serang tersebut. Bahkan ada yang bilang umat Islam jadi sasaran tembak tersebut atau setidaknya ada kelompoj Islam yang merasa dipojokan dengan serangan yang menyebut mereka anti Pancasila.

Aneh saja kalau hari gini masih ada yang anti Pancasila. karena kan sudah jelas Undang-Undangnya. Setiap gerakan yang anti Pancasila pasti akan ketahuan. Yang sembunyi saja pasti ketahuan apa lagi yang terus terang. Jadi aneh kalau ada kelompok yang terang-terangan menyatakan anti Pancasila seaneh kalau ada kelompok yang menuduh kelompok lain anti Pancasila. Kalau urusan bernegara dan bermasyarakat sih sudah jelas dasarnya yaitu UUD45 dan Pancasila. Kalau urusan agama sih ya masing-masing saja. Kalau ada kelompok yang menyatakan Pancasila sebagai sesuatu yang haram atau bagian dari berhala itu sih hanya masalah tafsir semata yang bisa diajak dialog oleh para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk dijelaskan dan diluruskan. Pancasila bukanlah sesuatu yang berhala. Pancasila adalah dasar negara. Kita hidup disatu negara dengan masyarakat yang agamais. Makanya sila pertama Pancasila berisi hal yang tauhid yaitu mengakui adanya Tuhan. Dengan kata lain, Pancasila dibuat dengan melibatkan para tokoh agama, apalagi Islam sebagai mayoritas, yang dengan cerdas merumuskan ideologi negara ini. Pancasila bukanlah agama dan agama bukanlah Pancasila. Agama tidak bertentangan dengan Pancasila dan Pancasila tidak bertentangan dengan agama. Hal ini juga harga mati.

Lalu kenapa kok ada kelompok, yang katanya Islam, yang merasa atau dituduh anti Pancasila?…. ya jelaslah tidak tahu secara fakta alasan dari masing-masing kelompok tersebut baik yang menuduh maupun yang dituduh. Tapi kok yakin banget deh sebenarnya tidak ada saling tuduh dan saling fitnah tersebut. Mungkin hanya ada segelintir orang yang punya ide lalu disebarkan via sosmed sehingga cepat tersebar yang memunculkan issu tersebut. Yakinlah, sekali lagi, yakinlah bahwa tidak ada yang anti Pancasila… Segenap kita semua cinta NKRI dan cinta Pancasila…Kembalikan saja semuanya pada tatanan hukum yang ada tidak usah rame lagi. capek deh..

Tetapi jika ternyata memang benar ada issu tentang anti Pancasila itu maka itu tidak lebih dan tidak kurang hal ini hanyalah bagian dari proses penyaringan yang memang sedang berjalan dinegara ini. Kalao ada yang nekat memainkan Islam sebagai komoditi politik maka kembali akan terulang kejadian seru yang berdasar pada Siapa yang menanam angin akan menuai badai. Ini adalah hukum alam… jadi jangan coba-coba memandang rendah hal ini.

Islam di Indonesia punya budaya sendiri yang berbeda dengan budaya negara lain…

Kadang-kadang dipegang kepalanya maka buntutnya akan ikut dan tenang…

Kadang-kadang dipegang bututnya maka kepalanya akan ikut dan tenang..

Kadang-kadang kepala dan buntuk tidak nyambung..kepala kepegang tetapi buntutnya lepas…. sudah banyak buktinya, Jakarta.. ya kan?

Jadi siapapun kita mari kita jaga NKRI, UUD45 dan Pancasila untuk Indonesia bangkit dan Indonesia jaya…

, , , , , , , , ,

Comments are closed.

« « Tahun Politik Merdeka » »