Home » Uncategorized » Indonesiaku
Aug
12

Indonesiaku

Notonogoro.com

Kalau kita ngobrol-ngobrol dengan para orang tua atau sesepuh kita, baik itu orang tua atau kakek sendiri, pemuka agama senior, tentara senior selalu mereka semua menyatakan dengan sangat mantap bahwa Indonesia sangat kaya, Indonesia sangat strategis, Indonesia sangat religius, Indonesia sangat humanis dan sebagainya. Tidak ada satu pun dari mereka yang bilang tidak baik tentang Indonesia. Tentunya yang dimaksud oleh para orang tua kita tersebut adalah potensi Indonesia. Indonesia dengan dua iklimnya, Indonesia dengan ribuan pulaunya, Indonesia dengan lautan luasnya, Indonesia dengan hutan luasnya, Indonesia dengan penduduk besarnya, Indonesia dengan aneka budaya dan nilai luhurnya. Tidak ada satu pun negara didunia ini yang sama dengan Indonesia. Indonesiaku adalah yang terbaik didunia ini. Bahkan katanya, segenap negara sahabat pun sangat mengakui potensi Indonesia ini dan sekaligus potensi kehebatan Indonesia ini. Saking luar biasanya Indonesiaku ini sampai dijajah ratusan tahun lamanya. Kalau tidak hebat ngapain juga harus dijajah. Penjajahan masa lalu adalah salah satu bukti kehebatan potensi Indonesia. Setelah masa bayar hutang leluhur bangsa ini selesai dan hutang leluhur telah terbayar lunas maka Indonesia merdeka dan punya hak untuk menjadi dirinya sendiri. Soekarno sudah mengingatkan dan bahkan telah berjuang luar biasa untuk Indonesia hebat ini. Kemudian dilanjutkan oleh Soeharto dengan segala macam pembangunannya. Tidak ada yang berani dengan Indonesia di Asia tenggara ini. Indonesia sangat disegani didunia internasional. Gejala semakin hebatnya Indonesiaku tentunya membuat negara besar menjadi was-was. Indonesia harus diganggu agar tidak tumbuh menjadi Indonesia sejati sebagaimana cita-cita bangsa ini. Maka tidak heran akhirnya Indonesia seperti sekarang ini. Rasa Indonesia hebat bahkan hampir hilang dari nafas generasi muda Indonesia. Generasi muda sekarang ini terlalu ringkih dan rapuh. Ini adalah sukses besar negara asing untuk membuat Indonesia terpuruk dan lupa siapa itu Indonesia.

Namun alam tidak tinggal diam. Sampai saat ini alam semesta ini masih memegang teguh cita-cita Indonesia sejati tersebut. Alam belum berubah dengan target awal Indonesia ini. Hanya prosesnya yang berubah. Tadinya akan lurus-lurus saja sejak era Soekarno-Soeharto-Soe…. tetapi ternyata ada bagian alam yang berubah sehingga proses tumbuh Indonesia menjadi ikut terpengaruh dan berubah. Siapa pun yang waras dan cinta Indonesiaku pasti sedih dan prihatin melihat Indonesia sekarang ini jika dibandingkan dengan cita-cita sejatinya. Memang sepintas terlihat dan terasa kemenangan dari mereka yang ingin Indonesia ada tapi tiada. Tetapi sebenarnya itu hanyalah proses perubahan semata yang harus dilalui Indonesiaku.

Sekarang ini alam semesta sedang memberi tahukan kepada segenap bangsa Indonesia tentang apa yang terjadi didunia ini, apa yang terjadi di Indonesia, apa masalah yang ada di Indonesia. Dengan terbukanya info tentang semua masalah Indonesia, maka Indonesiaku tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Tentu termasuk pemimpin sejatinya yang akan memimpin Indonesia bangkit nantinya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Indonesia akan bangkit dan membangun dengan sebaik-baiknya. Segenap bangsa Indonesiaku akan bekerja dan berjuang tanpa pamrih selain untuk mewujudkan cita-cita Indonesiaku, Indonesia kita semua. Semua gerak, langkah, laku, ucap dan pikir segenap bangsa Indonesia akan satu dan seirama dalam semangat juang pembangunan lahir dan batin.

Indonesiaku, Indonesia kita semua, bangkitlah bersama kami segenap bangsa Indonesia…

Indonesiaku, Indonesia kita semua, akan jaya di laut, Raja diudara….

Indonesiaku, Indonesia kita semua, akan hijau royo-royo didarat nan indah dan sejuk..

Indonesiaku, Indonesia kita semua, akan memiliki kolam susu dan tongkat kayu akan tumbuh menjadi tanaman…

Comments are closed.

« « Merdeka Kubu-kubuan » »