Jun
23

B I S

Notonogoro.com

Dinihari besok, Sabtu 24-Jun-2017, adalah Sahur terakhir bulan Ramadhan ini. Besok malam adalah malam Takbiran menuju Idul Fitri di Minggu 25-Jun-2017. Kok yakin? yakin lah karena hilal cukup tinggi sehingga tidak ada keraguan sedikitpun bahwa Minggu 25-Jun-2017 adalah Idul Fitri. Lalu apa yang telah kita peroleh selama Ramadhan ini? tentu banyak ibadah dan pahala yang kita dapatkan. Segenap kita telah melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya termasuk segala amal ibadah lainnya seperti sholat taraweh, baca Al-Quran, Itiqah dan tentunya zakat fitrah. Semoga segala amal ibadah tersebut mendapatkan manfaat, berkah dan pahala dari Allah SWT.  Kebahagiaan kita sangat tidak ternilai pada saat kita tuntas melakukan puasa dan segala ibadahnya di bulan Ramadhan ini.

lalu apa sesungguhnya makna dari puasa Ramadhan ini? Makna sesungguhnya dari puasa Ramadhan dan puasa lainnya tidak lain dan tidak bukan adalah Bahagia, Ikhlas dan Syukur (BIS) atau Syukur, Ikhlas dan Bahagia. Kita telah belajar dan berjuang selama 1 bulan untuk meningkatkan Bahagia, Syukur dan Ikhlas kita bermodalkan sabar. Sesungguhnya jika hanya menahan lapar dan dahaga saja sangatlah mudah untuk dilakukan. Banyak anak-anak kita yang bersama dan mampu melakukan hal tersebut. Tetapi berjuang menjadi Sabar guna selalu Syukur dan Ikhlas menuju Bahagia sejati sangatlah berat. erlalu banyak godaan untuk sukses dalam pencapaian tinggi tersebut. Namun Alhamdulillah, kita semua sanggup mencapai hal tersebut.

Oleh karena itu, sebagai bukti kesuksesan pencapaian puasa bulan Ramadhan ini, kita diwajibkan untuk membayar Zakat Fitrah dan merayakan Idul Fitri. Sesungguhnya ada dua Zakat Fitrah dan ada dua Idul Fitri yang harus kita lakukan.

Zakat Fitrah pertama adalah Mengucapkan syukur dan segala puji kehadirat Illahi Tuhan Semesta Alam.  “Ya Allah Ya Tuhan ku, Magrib tadi aku baru saja mengakhiri puasa terakhir Ramadhan ini, dan oleh karena itu… aku serahkan segala ibadah puasa ku kepada Mu ya Allah…Aku memohon ampun kepada Mu ya Rob karena masih hanya sebatas itulah ibadah puasa yang bisa aku lakukan…masih penuh kekurangan dan masih jauh dari sempurna…. Puasa itupun bisa aku lakukan semata-mata karena izin dan ridho MU… Terima kasih ya Allah….., Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang cintanya tanpa syarat….Apapun yang aku terima dan apapun kondisi ku saat ini… aku tetapkan.. aku selalu bahagia dan senantiasa selalu cinta kepada MU ya Allah….Terimalah ibadah puasa ku Ya Allah..”. Itulah zakat  fitrah pertama yang kita bayarkan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas segala izin dan Ridho Nya kita bisa melakukan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.

Apa selanjutnya? kita bayarkan zakat fitrah kedua kita senilai 2,5 liter beras dan kita serahkan kepada yang berhak menerimanya. Zakat fitrah kedua ini adalah sebagai simbul dunia  bahwa kita telah menjalankan puasa Ramadhan sebaik-baiknya dan telah mendapatkan segala manfaat sebesar-besarnya dari puasa Ramadhan dan kita bersyukur atas segala izin, ridho, rezeki dan nikmat yan telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita dan keluarga kita. Kita berbagi kebahagiaan.

Kemudian dengan diiringi gema Takbir yang indah dan menyejukan hati…kita melaksanakan Idul Fitri yang pertama dengan penuh syukur dan suka cita. Kita pakai baju baru Iman kita, kita pakai baju baru taqwa kita, kita pakai baju baru syukur kita, kita pakai baju baru ikhlas kita dengan penuh kebahagiaan sebagai pakaian menjalankan kehidupan selanjutnya yang sudah ada dihadapan kita. Semoga segala baju baru ini menjadi pakaian yang bersih sebersih hati dan pikiran kita. Semoga dengan baju baru ini kita akan selalu ada dalam jalan Tuhan dan Tuhan selalu menyelimuti diri kita… amin..

Terakhir.. kita pakai peci baru, kita pakai baju koko baru, kita pakai sarung baru, kita pakai sandal baru, kita gunakan sajadah baru, kita pakai wewangian dan kita menunaikan Sholat Idul Fitri bersama saudara-saudara seiman kita dengan penuh kebahagian luar biasa tiada tara. Setelah sholat Idul Fitri.. kita saling bersalaman, kita saling berpelukan, kita saling bermaaf-maafan tanpa kecuali…Kita nikmati segala makanan dan minuman yang mungkin hanya ada satu tahun sekali dengan penuh syukur dan bahagia. Larutlah kita dalam  kebahagian  bersama merayakan Idul Fitri kedua kita…

Tuntas sudah puasa Ramadhan, Zakat Fitrah dan Idul Fitri kita lakukan dengan sebaik-baiknya dengan penuh Bahagia, Ikhlas dan Syukur…

Dalam segala keindahan Ramadhan..

Dalam segala kebahagiaan Idul Fitri…

Kami haturkan dengan segenap bahagia, cinta dan syukur…

“Selamat merayakan Idul Fitri… Mohon Maaf Lahir dan Bathin….”

, , , , , , ,

Comments are closed.