Home » EMBUN PENYEJUK IMAN, HUKUM, REFORMASI, SOSIAL » Perputaran jaman
Jun
08

Notonogoro.com

Apakah jaman diam ditempat atau jaman bergerak menyebar dibumi? tentunya kita semua sepakat bahwa jaman itu bergerak dan menyebar dibumi ini. Bahkan ada yang sepakat bahwa jaman itu memutar dibumi yang artinya berasal dari satu tempat, bergerak ketempat lain dan pada akhirnya akan kembali lagi ke tempat awal dia berasal. Jadi jaman itu bergerak dan tidak diam ditempat tertentu saja. Demikian terjadi  karena berdasar pada sifat manusia yang terus bergerak dan saling membutuhkan. Apa yang terjadi dibelahan dunia lain akan segera diketahui oleh bagian dunia lainnya. Ingat perang dunia? pada jaman perang dunia maka perang tersebut bergerak dan merembet kebanyak tempat didunia ini tanpa batas. Apakah perang dunia masih terjadi sebagai konsekuensi jaman yang berputar? Yes, perang masih terjadi hanya bentuknya yang berbeda. Perang tehnologi dan perang ekonomi telah mengganti perang konvensional. Perang baru ini lebih tidak terasa keberadaannya.

Demikian juga yang terjadi dengan perputaran jaman sosial keagamaan. Pada saat negara di Asia masih berbentuk kerajaan dan masyarakatnya masih hidup dalam dunia yang ketinggalan jaman dibandingkan dengan kehidupan di negara Eropa dan Amerika pada saat itu. Kehidupan sosial keagaaman di Eropa dan Amerika pada saat itu sangat penuh dengan nilai-nilai luhur. Disana pada saat itu sangat tabu seorang wanita masuk perguruan tinggi. Wanita harus tinggal di rumah mengurus anak, rumah dan suami. Wanita adalah makhluk rumahan dan sangat rentan dengan penilaian negatif masyarakat. Tidak boleh seorang wanita hamil diluar pernikahan. Jika terjadi, maka wanita tersebut akan dikucilkan dan dinilai sangat memalukan keluarga. Kehidupan seksual sesama jenis adalah satu hal yang sangat dilarang dan haram untuk dilakukan. Kehormatan individu dan keluarga sangat penting ditengah masyarakat. Sepasang lelaki dengan wanita yang hidup dalam satu rumah tanpa pernikahan akan digunjingkan habis-habisan bahkan bisa terusir dari tempat tinggal mereka.

Kemudian jaman berubah. Sedikit demi sedikit sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia sifat mengutamakan kepentingan diri sendiri semakin menguat. Muncul nilai individu ditengah masyarakat. Nilai individu ini akhirnya mewujud menjadi nilai hak asasi manusia. Setiap individu bebas melakukan apa saja. Setiap individu punyak hak untuk melakukan apapun yang ingin mereka lakukan. Nilai sosial keagamaan mulai berubah. Wanita punya hak untuk memperoleh pendidikan tinggi. Wanita boleh bekerja dimana saja. Hidup suami istri tanpa nikah juga adalah hak setiap individu. Agama tidak boleh mengatur negara dan negara tidak boleh mengatur agama.

Pergerakan jaman tersebut diatas, sekarang ini sedang terjadi dinegara kita. Nilai sosial keagamaan mulai berubah. Atas nama hak asasi manusia, segenap masyarakat mulai hidup dengan kemauannya sendiri dan tidak perduli dengan nilai luhur sosial keagamaan yang ada dimasyarakat. Perselingkuhan dan hidup bersama tanpa nikah sudah menjadi hal yang tidak perlu dipermasalahkan. Kehidupan bersama sesama jenispun sudah semakin marak. Rasa peduli masyarakat semakin menurun dan berganti dengan rasa tidak peduli. Terserah mau melakukan apa saja yang penting tidak mengganggu saya dan keluarga saya. Itu saja dasar menilai kehidupan sekitar sekarang ini.

jaman dahulu seorang guru sangat dihargai dan ditakuti. Sekarang ini tidak ada lagi yang ditakuti dan disegani dari seorang guru. Sudah banyak guru yang diproses secara hukum karena diadukan oleh orang tuanya yang menilai guru tersebut telah melakukan kekerasaan kepada anaknya. Menjewer kuping sudah tidak bisa lagi dilakukan oleh guru jika tidak mau berurusan dengan orang tua dan aparat hukum. Guru takut dengan murid sudah menjadi trend dinegara ini.

Hidup semakin bebas oleh anak remaja atau ABG semakin menonjol dan tidak ada yang peduli. Orang tua memberikan motor tanpa mengontrolnya. dari sini terbentuklah Geng motor dimana-mana. Banyak geng motor berubah bmenjadi geng kotor penuh kekerasaan dan kebebasan seksual. Anak ABG mojok dimana-mana tanpa malu. Pacaran usia dini adalah wajar dan bahkan didukung oleh orang tuanya. Pendidikan agama dan nilai luhur bangsa ini menjadi tak tersentuh. Sangat jarang anak kecil dan remaja yang belajar khusus agama atau ikut pengajian. Mereka lebih banyak GAUL agar eksis.

Ini adalah jaman yang bergeser..

kehidupan seperti dinegara maju akan segera mewujud dinegara ini.

Atas nama hak individu dan hak asasi manusia siapapun boleh melakukan apa saja yang penting tidak melanggar hukum.

Dahulu kita sangat tidak suka dengan cara hidup negara maju… Sekarang kita justru menilai hidup seperti dinegara maju sangat dibutuhkan…

Padahal kita punya nilai luhur yang sangat luhur dan diakui dunia, yaitu PANCASILA…

Pada saat negara maju mulai jenuh dengan cara hidup bebas mereka dan mulai mencari nilai luhur nya yang hilang, kita justru berlomba hidup seperti hidup dinegara maju tersebut…

Jaman berputar…

Hanya PANCASILA yang bisa menyaring nilai-nilai dari perputaran jaman…

Buyut kita sudah memberikan senjata luar biasa untuk hidup didunia ini… lalu kenapa kita melupakan warisan buyut kita tersebut…

 

, , , , , ,

Comments are closed.