Home » EMBUN PENYEJUK IMAN » Hobi Umroh
Apr
28

Hobi Umroh

Notonogoro.com

Semalam kan malam jumat. Saatnya kumpul-kumpul dengan para sepuh dan buyut. Banyak yang di obrolin mulai dari yang ringan sampai yang berat. Mulai dari yang lucu sampai yang serius. Namanya juga buyut tentu banyak tahunya dibanding yang lainnya. Tahu banyak tentang indonesia masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Bahkan ada buyut pembuat UUD45 dan Pancasila. Buyut ini sudah sangat sepuh dan beliau tinggal sendiri ditepi danau. Asri, nyaman dan tenang sekali area sekitar rumahnya. Wuuiiihh hapal luar biasa UUD45 dan Pancasila. Makna dibalik semua ayat atau pasal dan sila sangat dikuasai. Jika para pemuda mendengar langsung semua makna ini pasti akan bangkit semangat juang45 saat itu juga. Dijamin !!…. Bagaimana kalau yang mendengar adalah pemimpin sekarang? sang buyut hanya tersenyum saja dan dengan pelan menjawab pakai bahasa Sunda  “Maranehanana da sanes kulawargi urang…”. Mereka bukan keluarga kita…. waduhhh kok bisa begitu ya….

Pokoknya seru banget obrolan dengan para buyut ini tetapi mungkin banyak yang bingung atau bahkan tidak percaya kali yaaa… Tidak apa apa tidak percaya juga. Makanya agar bisa ditelan banyak pihak, sebut saja obrolan dengan para buyut ini adalah obrolan imajiner. Jadi lebih terbuka dan mudah diterima kali ya.. itu juga mungkin ya. Semua obrolan tersebut dalam satu pertemuan saja kalau ditulis bisa banyak halamannya dan bisa berhari-hari. Bayangkan saja, ngobrol tentang korupsi, tentang pilkada termasuk pilkada Jakarta, tentang pemerintahan, tentang hukum, tentang ekonomi, tentang ibadah, tentang Amerika… pokoknya banyak deh. Nah untuk sekarang ini akan disampaikan yang sangat ringan saja yaitu tentang Ibadah Umroh yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Indonesia adalah negara terbanyak yang mengirimkan umat Islam untuk melakukan ibadah Umroh ke Mekkah. Bisa dibilang setiap hari ada saja umat Islam yang berangkat Umroh dari Indonesia. Tidak ada putusnya. Bahkan perusahaan pengirim Umroh ini, atau travel Umroh, tumbuh seperti jamur dimusim hujan.  Mulai dari travel abal-abal sampai travel mewah bintang 5. Semua level ini ada saja peminatnya. Akhirnya Umroh ini jadi bisnis yang sangat menguntungkan. Tinggal para calon peserta Umroh saja yang harus hati-hati memilih travelnya. Salah pilih bisa gagal berangkat. Gagal berangkat bisa sedih dan malu. Sedih dan malu bisa stress. Stress bisa sakit. Sakit bisa….. jadi hati-hati ya..

Dengan fenomena seperti ini maka masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat yang hobi Umroh. Banyak lo yang melakukan Umroh setiap tahun. Banyak juga yang setiap tahun lebih dari sekali melakukan Umroh. Tidak sedikit juga yang melakukan Umroh bawa seluruh keluarganya termasuk balita. Luar biasa sekali. Bahkan setelah tertimpa masalah keluarga banyak lo yang melakukan ibadah Umroh, untuk menenangkan diri kali ya.  Namun ada juga sih yang melakukan Umroh sesaat setelah terjerat kasus hukum, kebanyakan sih kasus korupsi, mau thobat kali ya….

Apapun alasan dibalik ibadah Umroh yang dilakukan tersebut, siapapun sesungguhnya tidak boleh menilai negatif. Jika ada artis atau tersangka korupsi melakukan ibadah Umroh, ya biarin saja. Itu hak mereka, itu pilihan mereka apapun niatnya. Kita tidak boleh menilai bahwa ibadah Umroh tersebut hanya untuk pencitraan atau hanya untuk agar dinilai sebagai orang yang taat ibadah yang tidak mungkin melakukan korupsi. Sama sekali tidak boleh. Biarkan saja itu menjadi urusan yang bersangkutan dengan Tuhannya. Kita tidak boleh mengambil hak Tuhan dengan melakukan penilaian yang menjadi hak Tuhan tersebut. Justru disarankan oleh buyut untuk bersyukur dan berdoa agar siapapun yang melakukan ibadah Umroh mendapatkan manfaat, berkah dan hidayah dari Tuhan. Dengan mendoakan segala kebaikan untuk mereka maka sesungguhnya kita sedang Umroh juga. Nah tuh kan.. leboih enak mendoakan ketimbang menjelek-jelekan.

Jadi para buyut mengingatkan untuk saling menghargai dan mendoakan dalam kebaikan dan dilakukan dengan ikhlas dan penuh syukur. Itu lah yang sebaik-baiknya yang bisa kita lakukan. Kita juga harus bangga disebut sebagai bangsa yang hobi Umroh bahkan kalau memungkinkan quotanya maka bangsa Indonesia akan disebut sebagai bangsa yang hobi melakukan ibadah Haji. Bahkan juga dengan bercanda, buyut bilang kalau tidak ada quota dan bebas jualan di sekitar Mekkah maka akan ada ratusan atau ribuan pedagang kaki lima disekitar Mekkah termasuk yang jualan kuliner khas Indonesia. Ingat-ingat aja kalau Jumatan di Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutiah dan masjid lainnya. Penuh pedagang kaki limanya…seruu kan…

Itulah ciri khas umat Islam Indonesia yang selalu ingin menuntaskan semua rukun Islamnya…

Jika tidak ada quota dan tidak ada visa maka umat Islam Indonesia akan menguasai Mekkah..

Bangsa hobi Umroh dan hobi Haji karena Indonesia adalah negara terbesar jumlah umat Islamnya.

Selain itu bangkitnya Islam akan dimulai dari indonesia… itu kata buyut ya…

, , , , , , , ,

Comments are closed.