Home » Uncategorized » Semua sudah jelas
Mar
08

Semua sudah jelas

Notonogoro.com

Orde lama telah memberikan kemerdekaan kepada bangsa dan negara ini. Orde baru telah memberikan pembangunan, stabilitas dan keamanan luar biasa untuk bangsa dan negara ini. Orde reformasi memberikan semua masalah yang ada dan harus di selesaikan oleh bangsa dan negara ini. Apakah orde reformasi dapat dikatakan orde penuh masalah? Yes jelas bisa disimpulkan demikian. Masalah tidak ada habis-habisnya dimunculkan setiap saatnya. Kegaduhan silih berganti mengisi kehidupan di negera ini. Hampir bisa dikatakan bahwa tidak ada 3 bulan tenang di negara ini. Selalu ada saja kisah yang membuat mereka yang berpikir tersenyum simpul. Namun pada sisi lain, bagi mereka yang belum nengerti maka yang ada hanyalah kisah seru nan gaduh luar biasa dengan judul baru yang terus berganti.

Apakah semua masalah dan kegaduhan yang muncul adalah satu pertanda kejelekan dari orde reformasi ini? Tentu tidak. Hal tersebut memang sudah menjadi pertanda Zaman. Saat ini memang zaman penyaringan atau penseleksian menuju Indonesia bangkit. Semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara mempunyai masalah masing-masing yang sudah dibuka dan disajikan kepada kita semua. Tidak ada satupun lini yang tidak memiliki masalah sama sekali. Sehingga dengan pikiran positif kita harus mensyukuri apa yang sedang terjadi saat ini karena kita jadi tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakulan kedepan nanti setelah era atau orde berubah. Jadi jangan risau, jangankan kita syetan saja geleng-geleng kepada melihat apa yang sedang terjadi saat ini.

Sebagai contoh, dalam bidang hukum. Rasakan dan nilai sendiri apa yang ada sekarang ini. Bagaimana dengan kinerja kepolisian? Bagaimana dengan kinerja Kejaksaan? kehakiman dan KPK?. … Apakah semuanya memiliki integritas murni dan sejati tanpa pamrih tanpa takut? Apakah semuanya memiliki aturan main sendiri, jalan sendiri-sendiri, siapa akan diapakan menjadi kewenangan mereka semua dengan pertimbangan sendiri dan bukan pertimbangan hukum. Apakah mereka sudah sangat hebat tanpa tebang pilih… rasakan saja sendiri.. silahkan berpihak..silahkan netral.. ini adalah pilihan.

Bagaimana dengan bidang ekonomi? Jelaslah kita semua bisa merasakan bahwa ekonomi negara ini sangat tidak mandiri dan sangat dikuasai oleh segelintir konglomerat saja. Rakyat belum memiliki kemandirian dan kemerdekaan ekonomi. Yang susah semakin susah. Yang kaya semakin kaya. Sangat jauh potensi dibandingkan dengan realita. Susah sekali urus harga cabai, ribet sekali urus harga daging. Pakah para tengkulak selalu menang melawan negara? ya bagaimana lagi, memang itu adanya. jelas Sangat timpang jika dibandingkan dengan orde baru, suka tidak suka, ini adalah fakta… kembali nilai dan rasakan saja sendiri. Kembali, Potensi versus realita… itu adalah fakta..

Sungguh masih banyak lagi contoh yang dapat disajikan, tetapi untuk apa, karena semua bisa dilihat dan dirasakan sendiri. Memang tidak ada perbaikan sama sekali dari orde reformasi ini? Jelas ada dong tetapi yang dimaksud disini adalah ketidak seimbangan hasil dengan biaya, ketidak sesuaian potensi dengan fakta, ketidak tepatan cita-cita dengan perjuangan..Dengan kata lain, bangsa ini sekarang ini selalu memulai dari Nol dan dari Nol lagi. Sulit sekali untuk melakukan proses pelanjutan dari pemerintah sebelumnya. Yang sekarang selalu merasa lebih baik dari yang sebelumnya. Yang sekarang selalu merasa lebih hebat dari sebelumnya. Yang sekarang selalu menyalahkan yang sebelumnya. Yang sekarang selalu merasa cuci piring dari yang sebelumnya. bagaimana bisa maju kalau selalu dari Nol lagi..

Jadi sesungguhnya semuanya sudah jelas dan semuanya sudah disajikan diatas meja. hanya yang belum ada adalah siapa Chef hebat dan sejati nya yang akan meracik, memasak dan menyajikan makanan dan minuman palingh nikmat untuk rakyat Indonesia…

sabar aja ya…

Comments are closed.