Home » EKONOMI » Tingkatkan kemudahan investasi dan bisnis
Nov
28

Notonogoro.com

Potensi ekonomi Negara ini sangat besar sekali. Jumlah penduduk. Letak geografi dan situasi geografi adalah modal untuk menggerakan roda ekonomi. Secara jujur banyak Negara maju yang menilai Indonesia adalah Negara yang sangat memiliki potensi ekonomi luar biasa dan bahkan bisa mempengaruhi ekonomi kawasan. Negara ini termasuk sati dari sangat sedikit sekali Negara ini pertumbuhan ekonominya besar dan sangat stabil. Ini adalah bukti atau fakta macro ekonomi yang tidak terbantahkan. Lalu kenapa kok ekonomi Negara ini sepertinya tumbuh dalam gerak yang tidak maksimal. Harusnya bisa tumbuh lebih besar lagi dari yang ada sekarang ini. kenapa masih banyak investor yang masih ragu masuk total kenegara ini. ternyata ada satu masalah yang menjadi hambatan gerak maju investor masuk kenegara ini.

Apakah itu? Ternyata adalah tingkat kemudahan investasi dan bisnis masih sangat rendah. Ada yang bilang masih sulitnya mendirikan usaha dinegara ini. Indonesia masih sangat primitive dalam membuat kebijakan investasi dan bisnisnya. Cara berpikirnya maksimun hanya lima tahun. Angka lima tahun adalah masa jabatan setiap pejabat. Andaikan seperti Amerika yang hanya 4 tahun jabatan presiden maka kebijakannyapun hanya seumur 4 tahun itu. Jadi segala kebijakan masih terkesan sangat sporadis. Tidak tertata dengan rapi. Tidak jelas arah jangka panjangnya. Memang sih semua tertulis dan bisa dipakai untuk jangka panjang. Tetapi fakta dilapangan berbicara lain. Ganti pejabat maka ganti pula  kebijakannya. Sangat kental sekali segala aturan semata-mata berdasar kepentingan dan cara berpikir pejabat pada saat itu. Bagi dalam skala nasional maupun lokal.

Ada yang sangat mudah tetapi ongkosnya mahal alias nyogok. Ngikutin prosedur yang ada kok nggak beres-beres urusannya. Hal ini lah yang membuat kurang semangatnya investor dan pebisnis untuk menanamkan modalnya di Negara ini. tidak bisa jalan sendiri deh pokoknya. Semua biaya harus dikalikan berlipat-lipat dari angka resminya. Jelas saja mereka pada bingung. Kondisi ini sangat berbeda dengan Negara tetangga kita. Nggak usah jauh-jauh deh. Bandingkan saja dengan semua Negara Asean. Maka Indonesia adalah Negara yang paling ruwet urusan birokrasinya. Semua jelas tetapi sebenarnya abu-abu.

Andaikan Negara ini bisa melakukan reformasi birokrasi dengan menerbitkan undang-undang penanaman modal dan bisnis yang reformis maka akan membanjir investasi masuk kenegara ini. undang-undang ini bukan saja memberikan segala kemudahan tetapi juga menjamin bersih dan sehat dalam implementasi dilapangannya. Jangan hanya hebat diatas kertas tetapi hancur dilapangan seperti yang ada sekarang ini. permudah dan perjelas semuanya.  Baik ditingkat pusat maupun daerah. Investor harus diperlakukan sebagai raja.karena investorlah yang akan menggerakan roda ekonomi Negara ini.

Harusnya semua tertampang jelas industry dan usaha apa saja yang masih butuh investor. Jelas juga segala syarat yang harus disiapkan oleh para investor. Jelas juga lokasi kawasan industrinya. Jelas juga segala fasilitas yang disediakan. Pokoknya semua serba jelas dan tidak ada yang ditutupi. Dan yang paling penting adalah semua diurus dalam satu gedung saja. Bahasa kita menyebutnya sistim administrasi satu atap. Semua bisa diurus disamsat ini walaupun untuk daerah. Perwakilan daerah ada dalam samsat ini atau setidaknya semua informasi dan link khusus tersedia dan dapat dipakai untuk berkoordinasi dan berkomunikasi tanpa harus bolak balik kedaerah yang dituju. Selesai semuanya di Jakarta. Semua step dapat diikuti secara online melalui web samsat investasi ini.

Jadi tidak ada yang bisa bilang tidak tahu. Tidak ada yang bisa bilang persyaratannya kurang. Tidak ada yang bisa bilang ada biaya yang belum dibayar. Semua bisa dilihat dan dibaca pada situs samsat investasi ini. kurang ya kurang dan cukup ya benar-benar cukup. Belum selesi ya memang belum selesai. Selesai ya memang sudah selesai. Ini baru namanya reformasi birokrasi investasi.

Siapa yang menjalankan samsat tersebut. tentunya karyawan pilihan dengan seleksi ketat. Gampangnya ikuti saja cara seleksinya KPK maka hasilnya pasti bagus. Jadi peraturan dan pelaksana aturan tersebut sama-sama reformasi sejati. Jangan sekali-kali dimasukan titipan partai atau para tikus-tikus birokrat pada samsat investasi ini. semua harus reformis sejati.

Wooow betapa mudah dan lancarnya segala proses ini…. andaikan hal ini bisa secepatnya dilakukan…. Maka ekonomi Negara ini akan tumbu lebih besar dengan hasil yang lebih baik bagi bangsa dan Negara ini. tentunya juga harus dibuatkan juga aturan lain yang bisa menjamin kesejahteraan bagi karyawan dan juga tidak kalah pentingnya adalah kelestarian alamnya…..

Tunggu ya…masa ini akan tiba kok…

, , , , ,

Comments are closed.