Home » POLITIK » Pancasila akan kembali
Jan
04

Pancasila akan kembali

Notonogoro.com

Beberpaka kali  ditulis dalam situs ini mengenai reformai Indonesia dan juga mengenai demokrasi di Indonesia. Singkat cerita adalah Indonesia disebut Negara demokrasi baru yang benar-benar demokrasi. Bahkan lebih demokratis dibandingkan Negara maju embahnya demokrasi. Maka bangga lah segenap pemimpin Negara ini. mereka merasa hebat dan berjasa dengan julukan tersebut. namun sedikit demi sedikit terkuak keatas permukaan bahwa demokrasi yang ada dinegara ini ternyata banyak negatifnya. Demokrasi diterjemahkan sebagai kebebasan melakukan apa saja. Demokrasi artinya semau gue aja. Akhirnya mulailah ada rasa khawatir dan was-was dikalangan mereka yang eling mengenai kondisi bangsa ini.  sepertinya Indonesia kebablasan dalam melakukan reformasi. Sepertinya Negara ini telah silau dengan nilai demokrasi dari luar dengan melupakan nilai luhur yang ada didalam Negara ini. makanya dalam satu minggu ini akan disajikan sedikit dalam garis besar apa itu demokrasi berbasis nilai luhur bangsa ini. demokarsi itu adalah demokrasi Pancasila.

Pada era Orde baru demokrasi Pancasila sempat menjadi acuan dalam urusan berbangsa dan bermasyarakat. Orba dengan caranya sendiri menjadikan Pancasila benar-benar menjadi dasar bagi Negara ini. Pancasila menjadi sangat sacral dan haram di kutak katik. Maka lahirlah P4 yaitu Pedoman Pengjayatan dan Pengamalan Pancasila. Anak muda sekarang pasti tidak tahu P4 ini. azas Negara dan masyarakatpun hanya satu yaitu Pancasila. Pokoknya semua harus berdasar Pancasila. Terkesan Orba memaksakan konsep Pancasilanya, padahal jika dipikir secara positif maksud dari Orba sangatlah mulia yaitu menjadikan Pancasila menjadi nilai luhur bagi bangsa ini dalam bermasyarakat dan bernegara didunia. Orba adalah satunya-satunya rezim yang sangat mendukung Pancasila.

Jelas hal ini sangat berbeda dengan era feformasi sekarang ini. Pancasila justru disingkirkan. Andaikan disebutpun hanya sebatas lips service saja. Hanya basa basi semata. Bahkan generasi muda sekarang banyak yang lupa dengan SIla-sila Pancasila. Bagaimana bisa menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara jika silanya saja sudah tidak ada yang peduli. Sangat menyedihkan sekali kondisi ini. siapapun yang bicara tentang Pancasila sama saja dengan orang yang sedang berdongeng sejarah. Pancasila sudah menjadi hanya sekedar sejarah bagi bangsa ini menurut segenap anak-anak muda sekarang ini. akankah mereka sebagai generasi penerus bangsa ini bisa menjalankan tugasnya tanpa mengenal Pancasila? Akankah Negara ini masih ada jika Pancasila itu sendiri sudah tiada? Sungguh sangat memilukan dan memalukan sekali kondisi ini.

Tidak ada yang peduli dengan Pancasila. Tidak ada yang peduli dengan dasar Negara Indonesia. Tidak ada yang kehilangan nilai luhur bangsa ini. sangat jarang para pejabat dan tokoh masyarakat yang bicara tentang Pancasila dewasa ini. semua sibuk dengan urusannya sendiri. semua bangga dengan nilai dari luar. Semua berlomba untuk  disebut sebagai penganut demokrasi yang sejati. Demikian kuat merasuk kedalam sumsung mereka itu nilai-nilai dari luar. Dengan nilai dari luar itu maka using lah nilai luhur bangsa ini. maka masuk lacilah Pancasila kita. Andaikan ada Pancasila maka itu tidak lebih dari sekedar gambar yang ditempel diatas dinding. Tidak lebih dari sekedar lambing yang nempel di kaos seragam tanpa makna sam sekali. Pancasila demikian sunyinya sekarang ini.

Akankah Pancasila benar-benar menghilang dari perjalanan bangsa ini dan hanya tinggal kenangan saja? Tentu tidak!!!! Sekali lagi tidak!!!! Tidak mungkin Pancasila akan hilang dari Negara dan bangsa ini. apa yang terjadi sekarang ini  adalah satu proses penyaringan atau pengayakan untuk mendapatkan nilai sejati bangsa ini. tidak tidak bisa menerima dan mengerti tentang Pancasila maka cara yang paling mudah adalah berikan nilai yang menurut mereka baik dan mudah diterima akal mereka sekarang ini. apakah itu? Demokrasi ala barat tentunya. Silahkan ambil. Silahkan makan. Silahkan kunyah dan silahkan telan. Anda akan merasa senang dan nyaman dengan nilai dari luar tersebut.  sampai satu titik anda akan merasa ada yang tidak beres dalam diri anda. Rasa haus kah, rasa bingung kah, rasa curiga kah, rasa panas kah, rasa kekeringan kah, demam kah, pusing kah dan sebagainya. Makanan yang menurut anda demikian nikmatnya ternyata telah memberikan hasil ketidak nyamanan dalam tubuh anda dan menimbulkan pusing dan bingung kepala anda.

Akhirnya anda akan sadar bahwa itu bukanlah makanan sehat dan menyehatkan bagi tubuh anda. Bagi Negara dan bangsa ini. akhirnya semua akan tersadar. Semua akan kembali kepada nilai luhur yang telah dilupakan. Dengan cara seperti ini maka dengan sendirinya bangsa ini telah merasakan semua masakan yang ada dan akhirnya menilai makanan mana yang paling cocok dan menyehatkan tubuh dan pikiran bangsa ini. setelah mengalami dengan mata, kepala dan tubuh sendiri maka tidak aka nada yang bisa membantah bahwa Pancasila adalah yang terbaik bagi tubuh dan pikiran Indonesia. Semua akan disingkirkan dan akan digantikan dengan nilai luhur bangsa ini.

Saatnya akan tiba bagi tubuh dan pikiran Indonesia untuk menerima dan hidup dengan Pancasila mengalir dalam darah segenap bangsa ini…. sejak itu maka Pancasila kembali memimpin kita semua dan bahkan memimpin dunia. Indonesia akan memimpin dunia dengan nilai luhur Pancasilanya…

Percayalah..ini akan terjadi dan terbukti memang benar adanya….

, , , , , , ,

Comments are closed.