Home » Uncategorized » Bingung gak sih..
Jan
08

Bingung gak sih..

Notonogoro.com

Sekenal-kenalnya situs ini atas SBY tetap saja gregetan sih ada saja dan sering kali muncul pada saat tidak ketemu antara apa yang sebaiknya dilakukan oleh presiden dengan kenyataan yang ada. Entah sudah berapa juta  masyarakat Indonesia yang menyatakan hal yang sama bahwa SBY tidak akan pernah cepat mengambil keputusan. Selalu saja ketinggalan kereta. Katanya sifat ini memang sudah ada sejak dari sononya. Pada saat aktif di tentara juga sudah banyak beredar cerita seperti itu. Benar atau tidaknya kita tidak tahu. Tetapi dillihat dari sudut pintar memang dia sangat pintar. Dilihat dari sudut moral memang dia sangat sopan dan santun. Apakah ini cukup? Jelas tidak. Apakah ada yang lebih baik dari dia? Tentu tidak. Kecuali bagi mereka yang keblinger menyatakan dirinya lebih baik dari SBY.

Banyak sekali kemajuan yang telah dicapai oleh pemerintahan SBY ini. Hanya memang tidak terasa gaungnya karena tertutup oleh hal dan kejadian yang justru lebih seru.  Kejadian seru ini justru mendapat porsi lebih besar dari media. Kenapa hal ini terjadi? Karena selain memang sekarang ini adalah jaman auto pilot juga karena pemerintah tidak ada strategi untuk menyampaikan keberhasilannya. Justru yang menonjol adalah kelemahan dala, pengambilan keputusan.

Koalisi tetapi mentrinya jalan sendiri-sendiri. Koalisi tetap partainya mengkritik pemerintah. Koalisi tetapi tidak pernah kompak. Sekber koalisi jelas tidak mendukung. SBY tetap saja diam saja dan hanya sekali-sekali mengeluarkan senyal ketidak sukaannya. Hanya sebatas itu saja. Padahal dia menang pemilu tetapi kok tidak Percaya diri untuk memimpin. Akhirnya demi kekuasaan semua dibiarkan jalan seperti ini.

Keadilan sudah jauh dari rakyat kecil. Keadilan demikian tajam menyayat rakyat kecil. Keadilan telah memporak porandakan kepercayaan rakyat kecil kepada proses penegakan hukum. Rakyat kecil selalu saja menjadi korban ketidak adilan. Selalu saja ada nyawa rakyat kecil yang melayang sia-sia. Tidak ada pertanggung jawaban yang memadai dari mereka yang seharusnya bertangung jawab. Presiden seharusnya mengambil momentum ini dengan sebaik-baiknya. Bisa langsung mengunjungi korban, bisa bicara keras tentang polisi atau mencopot Kapolri. Apakah ini dilakukan? Tentu tidak dan mudah-mudahan belum.  Apakah rakyat akan percaya dengan pemerintah tentang keadilan? Tentu tidak.

Kasus protes dan ancaman diplomatik yang disampaikan oleh Papua Nuigini adalah pelajaran yang sangat berharga sekali dalam hal percaya diri,keberanian dan ketegasan. Kita yakin apa yang dilakukan TNI sangat benar tetapi sikap mereka sebagai negara kecil dan miskin itu loh yang mengagumkan. Bisa dan berani mengancam Indonesia. Maunya sih SBY bilang OK mulai hari ini kita putuskan hubungan diplomatik ini. Wah mantap kali ya..pasti mereka akan nyerah kok..tetapi kan lmbek bener yang diperintahkan oleh SBY, hanya  tolong selesaikan dengan sebaik-baiknya. Memang bagus karena tidak ada konflik tetapi katanya kita justru menjadi bahan tertawaan didunia diplomatik dunia ini. Mereka semakin yakin kalau kita selalu tidak percaya diri.

Demikian juga dengan subsidi BBM. Antara menaikan harga premium seribu rupiah dengan membatasa pemakaian BBM bersubisidi. Sampai gini hari masih tidak jelas. Terus saja wacana dan wacana. Target baru pembatasan pemakaian BBM subsidi adalah 1 April 2012. Mudah-mudahan benar terjadi. Tetapi jika melihat fakta bahwa koalisi tidak kompak dan tidak setuju dengan opsi ini maka kemungkinan besar akan tertunda lagi, alias tidak berani, dan mengorbankan kembali keuangan negara. mau pemilu cing…siapa yang berani diserang habis-habisan nanti pada saat kampanye. Begitulah, karena terlalu lembek kahirnya selalu kehilangan waktu dan kesempatan baik.

Demikian juga dengan bahaya banjir dna longsor sekarang ini. Sudah diingatkan beberapa kali dalam tajuk ini tetapi semua berjalan auto pilot saja. Sekarang mulai kebakaran jenggot setelah banyak bencana dan ada nyawa yang melayang. Padahal negara tetangga sudah berantakan dihantam badai besar kok kita malah tenang-tenang saja. Itukan urusan pemerintah daerah….?!! terserah mau ngomong apapun tetapi kan tetap saja pada akhirnya bencana datang dan nyawa melayang dan pemerintah pusat kan kena tanggung jawab juga.  kenapa tidak dari kemarin-kemarin duduk bareng dengan pemda untuk mengantisipasi bencana ini..

Masih banyak lagi yang  bisa ditulis ditajuk ini, tetapi tidak akan cukup ratusan lembar untuk ekspresi kan hal ini. Ya sudah seperti yang ditulis dalam tajuk ini…mbok ya kita terima saja SBY dan pemerintah sekarang ini apa adanya. salah kita sendiri jika berharap terlalu banyak, kan sudah jelas tugas SBY sebatas apaan, baca deh Siapa SBY di situs ini. Mau tidak mau akhirnya kita memang sadar sebagai negara dengan auto pilot sekarang ini. Bingung sih bingung tapi mau gimana lagi….

, , , ,

Comments are closed.