Home » SPORT » Sukses Sea games..
Nov
23

Sukses Sea games..

Notonogoro.com

Akhirnya penantian panjang bangsa ini tidak sia-sia. Indonesia keluar se bagai juara umum Sea Games 26. Hasil ini patut disyukuri untuk selanjutnya dapat dijadikan acuan dan pijakan pengembangan prestasi olah raga nasional. Tentu tidak semua cabang olah raga di Sea Games ini berlevel dunia. Ada banyak yang masi bersifat regional Asean saja. dari situasi ini seharusnya pemerintah dapat membuat rencana jangka panjang pengebangan olah raga nasional. Yang nama yang bersifat domestic, cabang mana yang berlevel Sea games, cabang mana yang untuk Asian games dan cabang mana yan untuk level dunia. Dengan rencana ini maka skala prioritas dapat dibuat dan dijadikan acuan detail action plan nya.

Jelas segenap masyarakat olah raga sangat berharap akan adanya rencana strategis ini. karena biasanya pembinaan olah raga kita masih bersifat insidentil. Misalnya untuk Sea Games kemarin ini maka semua cabang olah raga bekerja keras untuk sukses di Sea Games. Semua kekuatan dan dana dicurahkan untuk event ini. setelah acara selesai dan semua atlit kembali kedaerah masing-masing maka selesai juga pembinaan ini. yang tersisa hanyalah sekedar kemauan sang atlit saja untk tetap berlatih apa adanya ketimbang nganggur dirumah. Kebiasaan ini harus dirubah dan diganti dengan pembinaan yang berkelanjutan.

Dengan level wilayah prestasi tersebut maka canbang olah raga yang bersifat domestic akan terus ditantang untuk meningkatkan level nya menjadi level Sea Games. untuk yang sudah berlevel dunia tentu juga tertantang untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasinya. Dengan jenjang pembinaa nyang jelas maka semua akan berlomba secara sehat untuk mendapatkan prestasi yang setinggi mungkin. Memang ini perlu dana. Dana ini justru yang menjadi masalah besar dinegara ini. oleh karena itu prioritas harus benar-benar diciptakan dan dijadikan acuan. Tidak bisa pemerintah lepas tangan begitu saja dan menyerakan kepada KONI dan pengurus pusat setiap cabang olah raga. Pemerintah harus terlibat dengan member dana, target dan fasilitas lainnya. Teknis pembinaan diserahkan kepada masing-masing cabang.

Selain dana tentunya adalah masalah masa depan. Ini juga masalah klasik dalam bidang olah raga kita. Kebanyakan atlit kita adalah mereka yang tadinya sekedar hobi saja. karena berprestai dan dapat hadiah maka akhirnya nyemplung terus karena tidak ada pilihan. Jadi sangat sedikit yang memang benar-benar bercita-cita jadi atlit handal. Ini terjadi karena banyak cerita sedih dari para mantan atlit. Mereka hidup sengsara setalah pension jadi atlit. Tidak ada sisa harta masa jaya yang bisa dipakai untuk melanjutkan hidupnya. Mereka langsung terlupakan dan berjuang sendiri untuk hidupnya.

Pemerintah musti menciptakan asuransi bagi para atlit ini. jadi hidup mereka akan terjamin setelah tidak menjadi atlit lagi. Premi dibayar oleh pemerintah dan sebagian kecil oleh atlit itu sendiri dari potongan hadiah uang yang mereka terima. Dengan jaminan masa tua maka setiap atlit akan tenang untuk berlatih meningkatkan prestasi.

Jadi janganlah kesuksesan Sea Games ini hilang begitu saja. janganlah kesuksesan ini menjadi prestasi politik seseorang saja. ingat olah raga jauh dari politik dan tidak boleh mempolitikan olah raga. Didalam ola raga ada banyak nyawa yang cari makan disitu. Jadi jadikan kesuksesan Sea Games ini sebagai pijakan olah raga sehat. Sehat atlitnya, sehat prestasinya, sehat masa depannya.  Kita pasti bisa..

Mudah-mudahan kasus arena olah raga yang sedang dibangun di daerah Hambalang Sentul dapat segera diselesaikan dan arenanya juga selesai dibangun dan dapat dijadikan universitasnya prestasi olah raga nasional. Sedangkan untuk prestasi sepakbola…ya kita tunggu saja…memang sekarang ini kita tidak akan pernah juara dalam sepak bola ini karena bertautan dengan sejarah agama dan bangsa ini…mudah-mudahan satu waktu nanti pintu toubat terbuka untuk sepak bola ini dan sejak itulah sepak bola akan menuai prestasi besar….

, , , , , ,

Comments are closed.